You need to enable javaScript to run this app.

Sosialisasi Bank Sampah kepada Guru dan Tenaga Kependidikan SMKN 1 Cilegon

  • Kamis, 27 Januari 2022
  • Administrator
  • 0 komentar
Sosialisasi Bank Sampah kepada Guru dan Tenaga Kependidikan SMKN 1 Cilegon

SMKN 1 Cilegon-Sampah merupakan sisa buangan suatu produk/barang yang sudah tidak dipakai lagi, tetapi masih dapat di daur ulang menjadi barang yang bernilai. Permasalahan sampah banyak terjadi di lingkungan manapun, baik di lingkungan sekolah, rumah, pasar dan tempat-tempat publik lainnya. Namun masalah sampah di sekolah cukup serius karena bisa mengganggu aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kenyamanan guru, peserta didik dan pegawai di sekolah.

PT DOW Indonesia pendukung kegiatan Education For Sustainable Development (ESD) for School menunjuk Yayasan Center for Learning Community (CLC) sebagai pelaksana kegiatan ESD mengadakan Kegiatan Penyuluhan Perdana Program ESD for School SMK Negeri 1 Cilegon. Adapun program yang dilaksanakan pada tahun 2022 yaitu Sekolah Ramah Anak, Gerakan Literasi, Bank Sampah, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat dan PBI-PBL.

Rabu, 26 Januari 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) SMKN 1 Cilegon. Diadakan kegiatan Sosialiasai Bank Sampah dengan peserta perwakilan dewan Guru dan Tenaga Kependidikan. Acara di buka langsung oleh Widodo, M.Pd kepala SMKN 1 Cilegon dilanjut paparan dari Ibu Desiree dari Yayasan CLC.

Seluruh Peserta antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut dan menyimak materi Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan sekolah yang dipaparkan oleh Bapak Nur Cholis -ESWKA Foundation. 

Sumber sampah di sekolah meliputi, kantin, sisa bekal, jajanan luar sekolah, kebun sekolah. Sampah organik dapat dibuat menjadi kompos, dan sampah anorganik dapat dibuat menjadi ecobrick yang bisa dijadikan kursi atau meja. 

Sekolah dapat membuat kebijakan-kebijakan terkait pengurangan penggunaan sampah plastik dengan cara mewajibkan siswa membawa tumbler, dan bekal makan sendiri.

Peserta sosialisasi membuat Action Plan dan memaparkan program-program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang terkait action plan Bank Sampah.

Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menerapkan perilaku lingkungan hidup, menghemat air, mengurangi sampah plastik. Sekolah dapat bekerjasama dengan bank Sampah terdekat untuk menyalurkan sampah yang sudah terkumpul dari sampah organik dan anorganik. Hasil dari Bank Sampah dapat digunakan untuk mendukung kegiatan Adiwiyata Sekolah. 

Program ESD for School

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Widodo, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Beliau adalah Kepala SMK Negeri 1 Cilegon Periode 2015 hingga Sekarang.

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana penilaian anda terhadap pelayanan kami?

Hasil
Banner