You need to enable javaScript to run this app.

Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

  • Jum'at, 28 Januari 2022
  • Administrator
  • 0 komentar
Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

SMKN 1 Cilegon-SEKOLAH ADIWIYATA adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program ADIWIYATA diharapkan seluruh warga SEKOLAH agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang indah adalah lingkungan yang nyaman untuk menimba ilmu. 

Jum'at, 28 Januari 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) SMK Negeri 1 Cilegon mengadakan Kegiatan Sosialisasi program gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Dimana kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan dari Yayasan Center for Learning Community (CLC) yaitu Program ESD for School yang didukung oleh PT DOW Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Bapak Eman Mansur, SE sebagai Pembawa Acara memandu jalannya acara dari awal hingga akhir. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Widodo, M.Pd, dilanjut sambutan dimana beliau berpesan supaya seuruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan menyimak seluruh paparan yang akan disampaikan oleh Pemateri. Beliau juga berharap SMKN 1 Cilegon, dapat memperoleh kiat-kiat untuk menuju Sekolah Adiwiyata.

Usai sambutan dari kepala SMKN 1 Cilegon, dilanjut Paparan Tujuan Kegiatan oleh Ibu Desiree dari Yayasan CLC. Pada paparan program tersebut Ibu Desiree juga menyampaikan informasi mengenai program-program yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan seputar rangkaian kegiatan Education For Sustainable Development (ESD) for School. Dimana program tersebut akan dilaksanakan selama 4 tahun, dan akan menghadirkan langsung orang-orang yang kompeten di bidang ahlinya sebagai Narasumber untuk kegiatan hari ini dan kegiatan-kegiatan ESD selanjutnya.

Ibu Desiree- Yayasan CLC saat menyampaikan Tujuan Kegiatan Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

 

Bapak Anang Yudi Cahyono, S.Hut beliau Narasumber kegiatan hari ini dari DLHK Provinsi Banten. Beliau memaparkan seluruh materi dan berinteraksi dengan seluruh peserta. 

"Adiwiyata itu Penghargaan, adiwiyata itu tempat yang nyaman untuk menimba ilmu" tambah beliau.

Dalam penyampaian materi, Bapak Anang menyampaikan bahwa sekolah harus mempunyai atau membentuk agen untuk menjadi motor penggerak Sekolah Adiwiyata 25% dari jumlah siswa. Tahapan Adiwiyata itu meliputi Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional dan Mandiri.

Untuk menuju Sekolah Adiwiyata, mulai saat ini SMKN 1 Cilegon harus mempersiapkan Syarat-syarat dan program-program PBLHS, seperti Nota Kesepemahaman (MoU), dokumentasi kegiatan dan administrasi surat menyurat lainnya.

Seluruh Warga Sekolah punya peran dan tanggungjawab kepada ramah lingkungan. supaya terbentuknya Karakter Siswa. Sekolah juga harus membentuk Tim Adiwiyata berkomitmen melaksanakan sesuai aturan dan semoga Adanya Adiwiyata memberikan efek yang dapat merubah karakter siswa.ramah terhadapa lingkungan.

Bapak Anang Yudi Cahyono, S.Hut saat menyampaikan Materi Sekolah Adiwiyata

 

Ibu Rina Ferawati, S.Si guru Mapel Projek IPAS menyampaikan tanggapannya terkait keselarasan mapel yang diampunya dengan kegiatan Lingkungan Hidup atau materi yang disampaikan. Beliau juga berencana akan mengintegrasikan pembelajarannya seperti membuat kompos dan diaplikasikan hasil kompos tersebut untuk pupuk tanaman apotik hidup.

   

Ibu Rina Ferawati & Bapak Gustavyanto saat tanya jawab pada acara Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

 

Bapak Anang pun menjelaskan bagaimana cara membuat Komposter dan berharap tidak hanya untuk pupuk tanaman saja. Tapi sekolah bisa mengubah sampah-sampah menjadi kompos dan hasil produk tersebut bisa di distribusikan ke sekolah lain bahkan dijual supaya bernilai ekonomis.

Bapak Gustavyanto YS, M.Pd. guru mapel PJOK juga bertanya seputar maksud dari RPP terintegrasi dengan PPLH. 

Pada intinya Kurikulum tidak diubah melainkan kegiatan pembelajaran yang telah dirancang dalam RPP diintegrasikan kegiatannya dengan PPLH. 

Sebelum acara di tutup Ibu Desiree menyampaikan Rencana Tindak Lanjut atau Action Plan mau kemana dan kesiapa komunikasi jejaring kerja lingkungan hidup/ Sekolah Adiwiyata. Supaya pertemuan sosialisasi ini membuahkan hasil dan sekolah tidak kebingungan harus kemana konsultasi tentang Sekolah Adiwiyata atau Lingkungan Hidup.

Untuk komunikasi jejaring kerja lingkungan hidup bisa ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon atau DLHK Provinsi Banten. 

SMK Negeri 1 Cilegon untuk menuju Sekolah Adiwiyata harus membentuk Tim Adiwiyata, menyusun EDS, menyusun IMPLH melakukan perencanaan Gerakan PBLHS, melaksanakan Gerakan PBLHS dan selalu Evalusi Pelaksanaan Gerakan PBLHS.

Semoga SMK Negeri 1 Cilegon menjadi Sekolah Adiwiyata, menjadi sekolah yang ramah lingkungan dan seluruh warga sekolah baik guru, tenaga kependidikan dan siswa memiliki karakter ramah terhadapa lingkungan.

 

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Widodo, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Beliau adalah Kepala SMK Negeri 1 Cilegon Periode 2015 hingga Sekarang.

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana penilaian anda terhadap pelayanan kami?

Hasil
Banner